Senin, 24 September 2012

Sotong Pangkong Pontianak



Penjual sotong pangkong yang berjualan
di Jalan Merdeka, Pontianak.

Sotong Pangkong merupakan salah satu makanan khas untuk lauk pauk saat berbuka puasa atau sahur oleh sebagian besar masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat.Tak hanya jadi menu saat berbuka dan sahur, namun sotong pangkong juga sering dinikmati masyarakat Pontianak usai melaksanakan sholat Tarawih. Sotong Pangkong adalah kuliner khas berasal dari cumi-cumi (loligo pealii) yang dikeringkan lalu dibakar.

Makanan ini umumnya hanya muncul satu kali dalam setahun yaitu sepanjang bulan Ramadan, sehingga merupakan berkah di bulan Ramadan bagi penjual kuliner dadakan. Sotong pangkong diolah dari sotong atau cumi yang telah melalui proses pengeringan, dimana cumi-cumi (loligo pealii) kemudian dibakar lalu dipangkong (dipukul-pukul) agar daging cumi yang keras setelah diasinkan menjadi kenyal dan mudah dinikmati.


Sotong dibakar pada bara api dengan arang kelapa atau kayu. Penyajian sotong pangkong cukup sederhana yaitu sotong cukup disajikan dengan kuah kacang atau kuah asam pedas manis agar terasa nikmat di lidah. Penggemar sotong pangkong berasal dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Seorang pedagang sedang memukul-mukul (pangkong)
sotong kering yang sudah dibakar untuk menjadi sotong pangkong.


Beberapa penjual per harinya bisa menjual 1-3 kilogram sotong kering, kemudian dijual Rp5.000,- hingga Rp20.000,-  per ekor dengan perkiraan bruto bisa mencapai Rp300.000,- ribu per malam dengan nettoRp100.000,- atau lebih.

Sekitar puluhan pedagang sotong pangkong berjejer menjual dagangannya di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak dan hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan saja. Pedagang sotong menggelar dagangannya mulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.

(source:http://food.detik.com/read/2012/07/24/165212/1973738/297/sotong-pangkong-cumi-bakar-lezat-khas-pontianak)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More